Yayasan SDM – IPTEK

Yayasan SDM IPTEK

Yayasan Pembinaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yanbinbang SDM-IPTEK) didirikan sebagai perwujudan rasa syukur atas segala karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada keluarga Prof. Dr. -Ing. Dr. Sc.hc. B.J. Habibie, Dr. Hj. Hasri Ainun Habibie, Dr. -Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA dan Dipl. -Ing. Thareq Kemal Habibie dengan Akta Notaris Ny. Yetti Taher, SH., Nomor 18 pada tanggal 12 Mei 1997.

Dengan berdirinya The Habibie Center pada tanggal 10 Nopember 1999, maka Yanbinbang SDM-IPTEK digabungkan menjadi salah satu unit kerja atau center di lingkungan kerja The Habibie Center yang merupakan satu lembaga independen, Organisasi Non Pemerintah (Non Government Organization) dan nirlaba. Yanbinbang SDM-IPTEK bersifat independen dalam melaksanakan program kerjanya, tetapi dalam rangka koordinasi dan menunjang pelaksanaan kegiatan administrasi, tetap dilakukan dalam satu atap oleh The Habibie Center.

Dengan berlakunya Undang-undang Yayasan no. 16 tahun 2001, Yayasan Pembinaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yanbinbang SDM-IPTEK) kemudian kembali berdiri sendiri dan berubah nama menjadi Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM-IPTEK).

Yayasan ini bertujuan terwujudnya sumberdaya manusia Indonesia yang unggul dan memiliki kualitas Iman dan Taqwa yang tinggi, sekaligus mampu menguasai, mengembangkan dan mengendalikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri untuk kejayaan bangsa dan rakyat Indonesia secara keseluruhan.

tentang-yayasan

Program Yayasan

Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Yayasan melakukan kegiatan sebagai berikut :

  • Memberikan penghargaan dan hadiah kepada orang atau Badan yang telah berjasa atau melakukan karya terobosan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
  • Membentuk atau membantu berdirinya Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Program yang dilaksanakan sejak 1999 adalah program pemberian beasiswa S-3 dan program penghargaan karya iptek Bacharuddin Jusuf Habibie Award. Pemberian beasiswa S-3 dilaksanakan 2 kali setahun masing-masing setiap tanggal 12 Mei bertepatan dengan tanggal berdirinya Yayasan dan 10 Nopember bertepatan dengan Hari Pahlawan. Tahun 2011, pemberian beasiswa S3 untuk sementara waktu ditunda. Sedangkan pemberian Habibie Award dilaksanakan setiap tanggal 10 Agustus bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS).

'