video

Diskusi ASEAN Mengatasi Masalah Keamanan Non-Tradisional di Asia Tenggara: Pelajaran dari Kerjasama ASEAN-Uni Eropa

Di kawasan ASEAN, teroris telah lama dilancarkan kampanye kekerasan. Baru-baru ini, daya tarik ISIS antara radikal di Asia Tenggara telah memicu kekhawatiran mendalam antara pemerintah ASEAN anggota-states.Earlier bulan ini, menteri pertahanan sepuluh Asia Tenggara mengadopsi deklarasi bersama menentang ISIS Rapat 9 ASEAN Defense Ministers ‘ (ADMM).

Menanggapi kegiatan teroris, negara-negara anggota ASEAN telah berusaha untuk mengatasi ancaman terorisme dalam kerangka ASEAN. Krusial, ASEAN juga telah meminta bantuan dan kerja sama dari negara-negara ASEAN non seperti Australia, China, Uni Eropa, India, Jepang, Rusia dan Amerika Serikat serta aktor lain di wilayah tersebut.

Dalam kasus kerjasama ASEAN dengan Uni Eropa, dua organisasi regional utama di dunia datang bersama-sama pada tahun 2003 untuk menyepakati sebuah Deklarasi Bersama EU-ASEAN untuk Memerangi Terorisme. Namun ada tanda tanya atas efektivitas kerjasama ASEAN-Uni Eropa untuk mengatasi terorisme. Kepala di antara mereka adalah apakah kerjasama setiap telah melampaui deklarasi retoris dan telah diterjemahkan ke dalam langkah-langkah praktis yang sebenarnya yang legal, mengikat dan dilembagakan.

Pembicara:
Dr Felix Heiduk,
(Peneliti, Jerman Institute for International dan Keamanan (Stiftung Wissenschaft und Politik))

Dr Kusnanto Anggoro,
(Dosen, Universitas Pertahanan Indonesia)

Iis Gindarsah,
(Peneliti, Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) Jakarta)

Dr Ming-hsien Wong,
(Ketua Graduate Institute Urusan Internasional dan Studi Strategis, Tamkang University)

Moderator:
A. Ibrahim Almuttaqi
(Ketua Program Studi ASEAN, The Habibie Center)

Senin, 30 Maret, 2015 at 02:00-04:00

The Habibie Center Building
Jl. Kemang Selatan No. 98 Jakarta Selatan 12560

video Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'