program

Sistem Nasional Pemantauan Kekerasan (SNPK) merupakan sebuah terobosan dalam sistem informasi yang menyediakan data dan analisis tentang konflik dan kekerasan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Program ini didanai oleh The Korea Trust Fund for Economic and Peacebuilding Transitions dan diimplementasikan sejak 2012 melalui kerjasama antara The Habibie Center, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), dan Bank Dunia. Sebagai bagian dari program SNPK, saat ini telah dibangun database untuk mencatat seluruh insiden kekerasan yang terjadi di provinsi sasaran secara reguler. Database SNPK adalah milik Kemenko PMK, yang bisa diakses pada www.snpk-indonesia.com. Database ini mencakup 34 provinsi di Indonesia. Seperti ditunjukkan oleh penelitian-penelitian di bidang konflik sebelumnya, surat kabar lokal di Indonesia merupakan sumber informasi yang paling tepat untuk mengumpulkan data kekerasan secara sistematis dan kontinu.

Mengikuti hal itu, SNPK membangun database menggunakan surat kabar lokal di 34 provinsi sasaran, meski sumber-sumber lain juga dipergunakan secara rutin untuk proses verifikasi. Agar analisis data dapat berjalan maksimal, database menggunakan definisi kekerasan secara luas, yaitu: sebuah tindakan yang mengakibatkan dampak fisik secara langsung. Untuk setiap insiden kekerasan, sejumlah variabel kunci dicatat dalam database, termasuk: tanggal dan lokasi kejadian; dampak fisik terhadap manusia dan harta benda; pemicu dan bentuk kekerasan; aktor yang terlibat dan senjata yang digunakan; serta upaya penghentian kekerasan dan hasilnya.

Sebagai bagian dari program, The Habibie Center menyusun Indeks Intensitas Kekerasan (IIK) untuk memberikan gambaran mengenai pemetaan wilayah-wilayah terjadinya konflik di Indonesia. IIK bermanfaat untuk mengidentifikasi dan memantau insiden kekerasan dari waktu ke waktu, juga untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik dari berbagai aspek yang dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi, serta diharapkan mendukung segala usaha dalam mengembangkan dan memprioritaskan strategi untuk me-ngurangi potensi kejadian, dan akhirnya untuk menentukan strategi pencegahan dan penanganan yang efektif.

program Terkait

'