program

12:49 pm

Literasi Media

Dalam era informasi saat ini, generasi muda mendapatkan pengetahuan, informasi dan wawasan mereka tentang konflik di masyarakat sebagian besar dari media massa. Media massa memiliki kapasitas untuk membangun citra dalam pikiran generasi muda dan untuk membangun pendapat mereka.

Sayangnya, media massa hanya berfokus pada isu-isu tertentu dan mengabaikan isu-isu lain dalam menggambarkan sesuatu. Media massa menyampaikan pesan mereka bergantung pada kepentingan ekonomi dan ideologi mereka sendiri. Mereka menerapkan strategi mereka secara halus untuk membuat masyarakat terutama kaum muda tidak menyadari keadaan yang saat ini terjadi.

Bahkan, media massa secara halus membawa pesan  bahwa kebutuhan literasi media sebagai metode untuk memecahkan masalah ini. Literasi media adalah kemampuan untuk mengkritik isi media dan membawa wawasan yang tepat tentang realitas. Melalui kegiatan literasi media, generasi muda bisa setidaknya memiliki empat keterampilan: capabilty untuk mengakses media, untuk menganalisis media yang kontekstual, mengkritik media massa dan menulis pesan mereka sendiri dalam banyak bentuk media. Literasi media, pada intinya dapat menjadi cara pencegahan dalam kesepakatan dengan konflik dan menjaga perdamaian.

program Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'