program

The Habibie Center, bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, Republik Indonesia, the European External Action Service, dan  the Regional EU-ASEAN Dialogue Instrument mengadakan ASEAN-EU High Level Dialogue on Maritime Cooperation Dialogue di Jakarta.

Acara terdiri dari pembukaan, diskusi meja bundar tertutup dan forum masyarakat. Tujuan dari dialog ini yaitu;

Pertama, untuk berkontribusi pada pemahaman akan perspektif umum, kerangka kebijakan modern dan kapasitas daerah yang memadai terkait dengan kerjasama maritim yang holistik, terpadu, dan menyeluruh.

Kedua, untuk bertukar pengalaman, pembelajaran akan best-practices, dan pembelajaran dari proses integrasi Uni Eropa, untuk membantu kebijakan dan rezim daerah bentuk di ASEAN pada isu-isu maritim.

Terakhir, untuk mengidentifikasi tantangan yang unik dan khas dan kendala yang dihadapi oleh ASEAN seperti mencoba untuk mengembangkan kerjasama maritim regional yang holistik, terpadu dan komprehensif dan untuk mengeksplorasi cara-cara di mana pengalaman Uni Eropa,  best-practices dan pembelajaran dapat berkontribusi dalam menemukan solusi untuk ASEAN.

Dialog ini turut mengundang beberapa ahli sebagai pembicara dan peserta dari Uni Eropa dan negara ASEAN dan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan Maritime Cooperation, tersebar di empat sesi. Ini termasuk: Sesi 1 pada pengembangan rezim daerah berbasis aturan untuk kerjasama maritim: Penguatan lembaga regional dan kerangka hukum internasional; Sesi 2 menanggulangi ancaman tradisional dan non-tradisional untuk keamanan maritim di tingkat regional melalui cara koperasi; Sesi 3 untuk memastikan pengelolaan bersama dan berkelanjutan dari sumber daya laut: Sebuah pendekatan yang komprehensif melibatkan semua pemangku kepentingan; dan Sesi 4 pada  best-practices (pembelajaran) dan rekomendasi.

program Terkait

7
01 September 2016

International Scholar Series

5
01 September 2016

Program Reformasi Energi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'