berita

 

Le Meridien Hotel, 25 November 2015

Dalam rangkaian acara ulang tahun ke-16, The Habibie Center menyelenggarakan diskusi berjudul “ Smart City dan Pembangunan Kota di Indonesia”. Surabaya, Yogyakarta, dan Megalang terpilih sebagai Smart City di tahun 2015. Surabaya terpilih sebegai pemenang untuk kategori Kota Besar, Yogyarakarta untuk kategori Kota Menengah, dan Magelang untuk kategori Kota Kecil. Indeks Smart City dipublikasi pada tahun 2015 sebagai alat untuk mengevaluasi beberapa kota yang telah sukses mengaplikasikan konsep smart city untuk menjawab masalah perkotaan yang ada sekaligus untuk memperbaiki kualitas hidup warganya.

Ada beberapa aspek yang ditekankan dalam indeks smart city seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan. Diskusi ini sendiri menghadirkan Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Sigit Widyonindito (Bupati Magelang), Yayat Supriyatna (Analis Planologi), dan Ilham Akbar Habibie sebagai narasumber. Tujuan dari diselenggarakannya dialog ini sendiri adalah untuk: mendiskusikan beberapa aspek yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah smart city; untuk meninjau kembali keinginan sebuah kota untuk mengaplikasikan konsep smart city; untuk mendiskusikan peran dari setiap kepala daerah dalam mengimplementasikan konsep smart city pada tataran pemerintahan.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'