berita

Jakarta, 29 September 2015

The Habibie Center mengadakan Talking ASEAN ke 25 yang membahas mengenai peran civil society dalam penyelesaian sengketa tentang Laut Cina Selatan secara damai di gedung The Habibie Center, Jakarta. Pada kali ini Talking ASEAN mengundang Dr. Kusnanto Anggoro (Dosen Universitas Pertahanan Indonesia), Dr. Kwei-Bo Huang (Sekretaris Jenderal The Association of Foreign Relations, Taiwan; Asoociate Professsor, Department of Diplomacy, National Chengchi University), dan Muhammad Arif (Peneliti di ASEAN Studies Program, The Habibie Center) sebagai narasumber, dengan A. Ibrahim Almuttaqi (Kepala ASEAN Studies Program, The Habibie Center) sebagai moderator.

Objektif yang ingin dipenuhi dari Talking ASEAN kali ini adalah untuk: membahas perkembangan terkini tentang Laut Cina Selatan terkait dengan perselisihan yang terjadi dan isu-isu penting lainnya dan mengidentifikasi potensi peran dan tantangan kontribusi civil society dalam penyelesaian sengketa di Laut Cina Selatan.

Perkembangan terkini dari kondisi Laut Cina Selatan sendiri menunjukkan bahwa perselisihan atas wilayah tersebut telah memasuki episode baru. Sementara Cina dengan giat melakukan proyek reklamasi lahan, Amerika Serikat memperkuat kehadiran dan alisansinya di wilayah Laut Cina Selatan, dan kekuatan regional lainnya melanjutkan membangun kekuatan militernya, kemungkinan meletusnya konflik terbuka di wilayah pertikaian menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Sementara itu organisasi regional memimpin inisiatif dalam usaha menyelesaikan pertikaian, walaupun masih perlu dicari formula kreatif dalam menyelesaikan pertikaian yang terjadi.

Dalam hal meredam pertikaian tentang Laut Cina Selatan sudah saatnya dilakukan pendekatan non-state-centric: untuk menjajaki peran yang mungkin dilakukan oleh civil society sebagai lembaga yang telah terbukti berpengaruh dalam proses regionalisasi di Asia Tenggara.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'