berita

Le Meridien Hotel, 25 November 2015

Dalam rangka ulang tahun ke-16 The Habibie Center, bekerjasama dengan US Progress menyelenggarakan diskusi Talking ASEAN di Hotel Le Meridien. Edisi khusus Talking ASEAN kali ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Bridget Welsh (Senior Associate Fellow, The Habibie Center), Mediyatama Suryadiningrat (Chief Editor The Jakarta Post), dan Natalia Soebagjo (Chairwoman, Transparency International Indonesia) dengan Rahimah Abdulrahim (Direktur Eksekutif The Habibie Center) sebagai moderator.

Tujuan dari Talking ASEAN kali ini adalah; untuk mendiskusikan perkembangan terakhir dari demokratisasi di Asia Tenggara; dan untuk mengeksplorasi kemungkingan untuk memperkuat demokrasi di Indonesia dan lebih luas lagi di Asia Tenggara. Prof. Dr. Bridget Welsh sebagai pembicara pertama mengutarakan poin penting dalam presentasinya tentang tantangan besar bagi pemerintahan demokrasi yang berada di wilayah regional dan area-area mana yang mesti diperkuat untuk pemerintahan yang demokratis.

Narasumber kedua, Meidyatama Suryadiningrat, menjelaskan bahwa sulit untuk mendefinisikan demokrasi dan mempertanyakan apakah Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga lebih bahagia ketimbang Brunei Darussalam yang tidak memiliki mekanisme pemilihan umum. Lebih jauh lagi dia mempertanyakan apakah Filipina memiliki pemerintahan yang lebih baik daripada Singapura. Narasumber terakhir, Natalia Soebagjo, memulai dengan pernyataan bahwa Indonesia merupakan contoh bagi praktik pemberantasan korupsi di wilayah ASEAN, walaupun masih belum bisa disandingkan dengan Singapura. Untuk mendukung pernyataannya tersebut, Natalia Soebagjo menunjukkan bahwa insitusi pemberantasan korupsi (KPK) merupakan lembaga yang sangat dihormati.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'