berita

Jakarta, 30 September 2015

Diskusi Talking ASEAN yang kembali mengambil tempat di gedung The Habibie Center kali ini mengundang narasumber H.E. Amb. Koichi Aiboshi (Duta Besar Jepang untuk ASEAN), Prof. Dr. Tirta Mursitama (Kepala Departemen Hubungan Internasional, Universitas Bina Nusantara) dan Izuru Kobayashi (Chief Operating Officer, Economic Research Institue for ASEAN and East Asia) degan Alexander C. Chandra, Ph.D. (Associate Fellow, The Habibie Center) sebagai moderator.

Tujuan dari diadakannya Talking ASEAN kali ini adalah untuk: membahas kerja sama antara ASEAN dan Jepang dalam hal ekonomi yang berlangsung saat ini; menunjukkan isu-isu yang berpotensi menghalangi terjadinya kerja sama Jepang dengan ASEAN sehubungan dengan ditetapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN; serta untuk memberikan rekomendasi untuk pembuat kebijakan supaya dapat memperkuat kerja sama antara Jepang dan ASEAN.

Dalam dekade terakhir, kerja sama antara ASEAN dan Jepang telah berjalan dengan baik, hal ini mengantarkan pada hubungan antar keduanya yang semakin kuat dari waktu ke waktu. Kerja sama yang dilakukan sendiri tidak terbatas pada investasi dan perdagangan, melainkan Jepang juga membantu ASEAN dalam mengatasi masalah yang sekiranya mampu menghalangi terbentuknya Masayrakat Ekonomi ASEAN. Semetara itu di sisi lain Jepang melihat bahwa kerja sama ini merupakan tanggung jawab mereka sebagai bagian dari mengubah dinamika dinamika regional. Walaupun ikatan antara Jepang dan ASEAN sudah erat terjalin, namun masih ada beberapa isu yang mesti diperhatikan. Seiring dengan ASEAN yang akan menghadapi berlakunya integrasi ekonomi dalam waktu dekat, tantangan-tantangan baru akan muncul dan mengharuskan baik ASEAN maupun Jepang beradaptasi dan membuat pendekatan baru untuk merespons tantangan tersebut.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'