berita

JAKARTA – Pada hari Rabu, 31 Mei 2017, The Habibie Center akan mengadakan dialog Talking ASEAN dengan tema Combating Human Trafficking in ASEAN di gedung The Habibie Center, Jakarta. Talking ASEAN kali ini akan menghadirkan Mark Getchell (Kepala Misi, IOM Indonesia), Febionesta (Ketua, SUAKA – Indonesian Civil Society Network for Refugee Protection), dan Collie Brown (UNODC Country Manager, Indonesia), dengan A. Ibrahim Almuttaqi (Kepala, ASEAN Studies Program, The Habibie Center) sebagai moderator.

Penyelenggaraan Talking ASEAN kali ini bertujuan untuk: (a) mengulas situasi human trafficking di Asia Tenggara; (b) membahas mekanisme ASEAN untuk melawan human trafficking; (c) mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi ASEAN; dan (d) menghasilkan strategi baru yang berkelanjutan untuk melawan human trafficking.

Sebagai sebuah industri yang ilegal, human trafficking telah mengorbankan jutaan manusia di seluruh dunia. Menyadari masalah yang ada, ASEAN telah bergabung dengan gerakan global untuk mengatasi human trafficking. Human trafficking, khususnya pada perempuan dan anak-anak, telah menerima perhatian yang cukup dari ASEAN. Pada tingkat regional, terdapat beberapa instrumen perjanjian dan non-perjanjian sebagai panduan untuk usaha-usaha ASEAN dalam melawan human trafficking. Terdapat juga banyak instrumen nasional dan bilateral yang berkomitmen dalam memberantas human trafficking. Seluruh usaha-usaha ini adalah sebuah komitmen penting bagi ASEAN untuk menjalankan langkah-langkah yang lebih efektif dalam melawan trafficking. Namun, kasus-kasus human trafficking yang ada saat ini membuktikan bahwa mekanisme ASEAN yang ada untuk melawan human trafficking masih belum efektif, sehingga perlu ada solusi-solusi yang lebih berkelanjutan untuk mendukung usaha-usaha yang ada.

Mengingat hal tersebut di atas, kesempatan untuk berdiskusi secara mendalam sangat bermanfaat untuk mengetahui dan mempelajari mekanisme ASEAN yang ada untuk melawan human trafficking, dan merumuskan rekomendasi untuk isu tersebut. Untuk itu, The Habibie Center mengundang Anda untuk menghadiri dialog Talking ASEAN dalam Combating Human Trafficking in ASEAN”.

 

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'