berita

Habibie & Ainun Library, 6 Agustus 2015

Sejak runtuhnya rezim orde baru pada tahun 1998, ratusan hukum Islam telah diterapkan di Indonesia. Sejak beberapa tahun ke belakang, para akademisi mengkaji baik sebab maupun konsekensi yang ditimbulkan dari hukum syariah yang diberlakukan. Tetapi, penelitian yang ada belum bisa menjelaskan mengapa dan bagaimana hukum-hukum syariah tersebut dapat tersebar ke seluruh penjuru negeri. Untuk itu, terkait dengan hal ini The Habibie Center bersama dengan School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London menyelenggarakan diskusi publik dengan tajuk “Persebaran Hukm Syariah di Indonesia” untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul sebelumnya. Secara khusus, diskusi publik ini menghadirkan Dr. Michael Buehler, Dosen Politik Komparatif di SOAS, sebagai pembicara. Berdasarkan penelitian lapangan selama beberapa tahun di Indonesia, Dr. Michael Buehler mengutarakan bahasan tentang mekanisme konkret bagaimana hukum-hukum Islam bisa menyebar di Indonesia dan menjadi tolok ukur bagi negara-negara lainnya, termasuk di dalamnya persebaran kebijakan moral di Amerika Serikat selama dekade terakhir.

Objektif dari dialog ini sendiri adalah: untuk membahas mengenai beragam isu terkait dengan persebaran hukum Islam di Indonesia, secara khusus mengenai perbedaan bagaimana hukum-hukum Islam tersebut diintroduksi dan diimplementasikan pada level pemerintahan nasional dan lokal; untuk membahas taraf dari beragam hukum syariah yang berlaku di Indonesia, apakah dianggap berdiri sebagai bagian dari agama Islam itu sendiri ataukan sejalan dengan demokrasi; untuk mendapatkan gambaran mengenai perbandingan dengan negara-negara lain yang juga menerapkan hukum syariah atau kebijakan moral, khususnya dari segi persebarannya.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'