berita

JAKARTA – Pada hari Rabu, 30 Maret 2016, The Habibie Center akan mengadakan dialog Talking ASEAN dengan tema “Post-Special Leaders’ Summit U.S.-ASEAN Strategic Relationship” di gedung The Habibie Center, Jakarta. Talking ASEAN kali ini akan menghadirkan Dr. Evi Fitriani (Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Indonesia), Jamil Maidan Flores (Kolumnis & Konsultan untuk Kementerian Luar Negeri), Courtney Kline (Political Officer, US Mission to ASEAN) dan Muhamad Arif (Peneliti, ASEAN Studies Program, The Habibie Center) dengan A. Ibrahim Almuttaqi (Head of ASEAN Studies Program, The Habibie Center) sebagai moderator.
Penyelenggaraan Talking ASEAN kali ini bertujuan untuk: (a) mengeksplorasi dinamika penyelenggaran U.S.-ASEAN Special Leaders’ Summit 2016 dan hasil dari pertemuan tersebut; (b) melihat sudut pandang regional mengenai pentingnya menjaga kerjasama keamanan dan ekonomi antara ASEAN dan Amerika Serikat; dan (c) mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mewukudkan hubungan yang berkelanjutan antara ASEAN dan Amerika Serikat
Pada 15-16 Februari 2016, Amerika Serikat dan ASEAN memasuki babak kerjasama baru melalui Special U.S.-ASEAN Leaders Summit. Pertemuan ini dinilai sebagai momentum penting dalam hubungan Amerika Serikat dan ASEAN dengan menunjukkan signifikansi kawasan Asia Tenggara bagi pemerintahan Obama. Di sisi lain, bagi ASEAN, pertemuan tersebut merupakan suatu kesempatan untuk menunjukkan relevansi ASEAN dalam menjawab tantangan regional dan global, serta sebagai suatu sarana bagi ASEAN untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan kelompok ekstra-regional.
Meskipun banyak inisiatif yang dibuat di bidang ekonomi, keduanya masih kesulitan dalam menemukan bentuk kerja sama yang tepat dalam bidang keamanan. Kekhawatiran lain muncul berkaitan dengan keberlangsungan kerja sama antara Amerika Serikat dan ASEAN. Beberapa spekulasi juga menyebutkan bahwa Presiden Amerika Serikat selanjutnya tidak akan terlalu memberikan perhatian pada pentingnya keberadaan ASEAN dan kawasan Asia Tenggara.
Pada dialog Talking ASEAN ini, panelis ahli akan mendiskusikan hasil yang dicapai dari U.S.-ASEAN Special Leaders’ Summit untuk akhirnya dapat mengidentifikasi berbagai tantangan dan peluang yang muncul saat ini ataupun di masa depan bagi hubungan ASEAN-Amerika Serikat.
Dialog Talking ASEAN dalam “Post-Special Leaders’ Summit U.S.-ASEAN Strategic Relationship” merupakan salah satu rangkaian dari 12 dialog yang diselenggarakan secara rutin setiap bulan oleh The Habibie Center.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'