berita

JAKARTA – Kamis, 13 Oktober 13 2016, The Habibie Center menyelenggarakan dialog Talking ASEAN berjudul “Kebijakan Narkoba di Indonesia: Mencapai Pendekatan Humanis di Asia Tenggara” di gedung The Habibie di Jakarta.

Pada Talking ASEAN kali ini dimoderatori oleh Bapak Muhamad Arif (Studi Program ASEAN, The Habibie Center) dan menampilkan panel ahli yang terdiri dari Irjen. Pol. Drs. Arief Wicaksono Sudiutomo (Deputi Hukum dan Kerjasama, Nasional Badan Narkotika / BNN), Ms. Dwi Ria Latifa (Anggota Komisi III, DPR, Republik Indonesia), Dr. Ali Wibisono (Dosen, Fakultas Hubungan Internasional, Universitas Indonesia), dan Mr. Ricky Gunawan (Pengacara HAM dari Community Legal Aid Institute).

Tujuan dari Talking ASEAN ini adalah untuk: (a) mengeksplorasi kejahatan terkait narkoba di Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya; (b) menemukan kemungkinan pendekatan terbaik untuk kejahatan narkoba berdasarkan pengalaman di negara Asia Tenggara; (c) mengidentifikasi pro dan kontra dan mengadopsi pendekatan ‘keras’ dan ‘lembut'; dan (d) menemukan tantangan dan peluang bagi negara-negara Asia Tenggara untuk bekerja sama untuk meningkatkan kebijakan obat di regional.

Pembicara pertama adalah Irjen. Pol. Drs. Arief Wicaksono Sudiutomo yang menjelaskan lingkup pekerjaan yang BNN telah lakukan sebagai bagian dari kebijakan nasional Indonesia pada obat-obatan. Pak Ricky Gunawan, selaku pembicara kedua berpendapat, bahwa sudah waktunya untuk mengubah pendekatan pada terhadap narkoba dengan merangkul bukti-bukti yang ada. Argumen ini juga diamini oleh Dr. Ali Wibisono, yang menekankan bahwa penting untuk menggeser pendekatan dari keamanan nasional untuk keamanan manusia, terutama ketika kelompok yang paling rentan terlibat. Yang terakhir yaitu Ms. Dwi Ria Latifa, menegaskan hal tersebut adalah konsensus umum bahwa obat merupakan ancaman untuk negara atau masyarakat.

Untuk mengunduh laporan diskusi dan presentasi, silakan klik di sini.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'