berita

Jakarta 13 Januari 2015

Bagi akademisi, tahun baru merupakan waktu yang spesial untuk melakukan sebuah refleksi kritis. Permulaan tahun menghadirkan kesempatan untuk melihat ke belakang, melakukan penilaian terhadap isu-isu penting yang muncul ke permukaan selama setahun berjalan, sekaligus menilai kesempatan dan tantangan yang akan muncul setahun ke depan.

Dalam bidang politik, pemilihan umum yang diselenggarakan di tahun 2014 memberikan gejolak tersendiri. Dengan keadaan politik yang labil, dapat dipastikan bahwa 2015 akan menjadi tahun yang tidak mudah bagi pemerintahakan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Kurangnya dukungan yang kuat bagi Joko Widodo – Jusuf Kalla pada level elit diperparah dengan buruknya kemampuan lobi dan komunikasi politik. Sementara itu, pada ranah politik luar negeri, pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla juga menghadapi pandangan sebagai pemerintahan yang kurang menarik dari negara-negara lain.

Pada sektor ekonomi, 2014 lalu merupakan tahun yang menantang, di mana rupiah berada pada kondisi yang tidak stabil dikarenakan beberapa hal, salah satunya akibat naiknya tensi politik setelah pemilihan presiden. Masih dari sektor ekonomi, tantangan lain yang akan dihadapi oleh pemerintahan Indonesia pada tahun 2015 adalah suku bunga bank sentral Amerika yang naik sehubungan dengan membaiknya kondisi ekonomi negara tersebut.

The Habibie Center memfasilitas diskusi bertajuk “2014 Review and 2015 Outlook” dengan tujuan untuk merangkum dan meninjau ulang kebijakan pemerintah dalam ranah politik, ekonomi, dan kebijakan luar negeri di tahun 2014; untuk mengidentifikasi tantangan internal dan eksternal yang akan dihadapi pemerintah pada tahun 2015 dalam sektor politik, ekonomi, dan kebijakan luar negeri; untuk mengelaborasi kebijakan pemerintah di bidang politik, ekonomi, dan kebijakan luar negeri pada tahun 2015; serta untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam ranah politik, ekonomi, dan kebijakan luar negeri.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'