berita

18 Juni 2014

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil pemilihan umum (pemilu) legislatif tahun 2014. Hasil perhitungan resmi rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU menunjukkan tidak ada satu partai politik pun mampu tampil dominan dengan perolehan suara di atas angka 20% kursi parlemen atau 25% suara sah nasional. Tidak adanya partai politik yang mampu meraih suara 20% kursi parlemen atau 25% suara sah nasional sebagai syarat untuk mencalonkan pasangan capres dan cawapres membuat koalisi mau tidak mau harus dilakukan. Pertama, pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang didukung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, dan Partai Hanura. Kedua, pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dengan dukungan koalisi Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Golkar, dan Partai Bulan Bintang.

Bagaimanakah pertarungan kedua pasangan capres dan cawapres tersebut dalam pemilihan presiden mendatang? Apakah pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dapat dengan mudah melenggang menuju kursi kekuasaan sebagaimana prediksi sejumlah lembaga survei? Ataukah pasangan Prabowo Subinato-Hatta Rajasa justru mampu menjungkirbalikkan semua prediksi tersebut? Pembahasan lebih lanjut mengenai hal ini diselenggarakan The Habibie Center melalui diskusi bulanan Dialog Demokrasi dengan tema “Head to Head Jokowi-JK vs Prabowo-Hatta, Siapa Unggul?” Dialog ini dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Juni 2014 di Gedung The Habibie Center Jakarta. Narasumber yang hadir pada dialog ini adalah Viva Yoga Mauladi (Tim Pemenangan Prabowo-Hatta/Wakil Sekretaris Jenderal PAN), Willy Aditya (Tim Pemenangan Jokowi-JK/Wakasekjen Partai Nasdem) dan Prof. Indria Samego (Profesor Riset P2P LIPI/Dewan Pakar The Habibie Center).

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'