berita

JAKARTA – Pada hari Kamis, 18 Februari 2016, The Habibie Center akan mengadakan dialog Talking ASEAN dengan tema “Melawan ISIS di Asia Tenggara” di Gedung The Habibie Center, Jakarta. Talking ASEAN kali ini akan menghadirkan Prof. Dr. Indria Samego (Anggota Dewan Pakar The Habibie Center), Robi Sugara (Direktur eksekutif the Indonesian Muslim Crisis Center) and A. Ibrahim Almuttaqi (Head of ASEAN Studies Program, The Habibie Center) dan Muhamad Arif (Peneliti ASEAN Studies Program, The Habibie Center) sebagai moderator.
Adapun tujuan dari Talking ASEAN kali ini adalah untuk : a. Menilai ancaman dari pertumbuhan ISIS di Indonesia dan Asia Tenggara secara umum b. Menilai kapasitas nasional dan regional untuk melawan ancaman terorisme ISIS c. Mengeksplor tantangan dan peluang secara nasional dan regional untuk melawan ancaman terorisme ISIS
Serangan terorisme oleh ISIS Asia Tenggara di Jakarta telah menyebarkan ketakutan dan peringatan bagi negara-negara di kawasan ASEAN. Pertumbuhan ISIS di kawasan memunculkan ancaman yang nyata bagi stabilitas dan keamanan di Asia Tenggara sebagai rumah bagi 240 juta muslim, termasuk didalamnya anggota islam ekstrimis dan gerakan separatis. Diperlukan sebuah upaya bersama untuk melawan pengaruh ISIS tersebut demi menjaga stabilitas politik, harmoni sosial dan pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung di ASEAN. Upaya ini pun harus konsisten dan sejalan dengan agenda regional untuk mempromosikan nilai-nilai demokrasi.
Pada dialog Talking ASEAN ini, panelis akan membahas ancaman yang saat ini dihadapi akibat pertumbuhan ISIS dan mengidentifikasi kapasitas regional dan global dalam mengatasi tantangan tersebut.

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'