berita

JAKARTA – Pada hari Kamis, 24 Maret 2016, The Habibie Center akan menyelenggarakan Rangkaian Dialog Ambassador Seminar Series yang kedua dengan tema “ASEAN-India Relations: A New Paradigm” di Gedung The Habibie Center Jakarta. Ambassador Seminar Series kali ini akan menghadirkan Duta Besar Suresh K. Reddy (Duta Besar Republik India untuk ASEAN) sebagai pembicara kunci, Duta Besar Nguyen Hoanh Nam (Perwakilan Republik Sosialis Vietnam untuk ASEAN) dan Dr. Makmur Keliat sebagai pembahas, serta Rahimah Abdulrahim (Direktur Eksekutif, The Habibie Center) sebagai moderator.

Tujuan dari Ambassador Seminar Series kali ini adalah untuk : (a) mendiskusikan kondisi terkini hubungan ASEAN-India, terutama tantangan dan peluang yang akan dihadapi; (b) mengeksplor peran aktif ASEAN dan India dalam hubungan internasional kontemporer; (c) mengidentifikasi berbagai rekomendasi bagi perkembangan hubungan ASEAN-India untuk menghadapi berbagai perubahan pola hubungan antar pemerintah, dan untuk membangun hubungan antar individu dan antar pelaku bisnis yang lebih baik.

Hubungan antara ASEAN dan India berlangsung semenjak diluncurkannya New Delhi’s Look East Policy pada tahun 1991. ASEAN dan India secara resmi menjadi mitra dialog sektoral pada tahun 1992, kemudian berkembang sebagai mitra dialog penuh pada tahun 1996. 20 tahun hubungan ASEAN-India ditandai dengan diadakannya Commemorative Summit di New Delhi, dimana saat itu India Vision Statement diadopsi.

Dalam bidang keamanan, sejak 1996 India menjadi partisipan aktif dalam ASEAN Regional Forum (ARF) dan ASEAN Defense Ministers Meeting Plus (ADMM+). Isu lintas sektoral dalam bidang maritim menjadi salah satu kerjasama keamanan yang diprioritaskan antara ASEAN dan India. Selain itu, ASEAN-India pun menjadikan Expanded ASEAN Maritime Forum (EAMF) sebagai arena untuk track 1.5 diplomacy dalam menyikapi isu bersama seputar maritim.

Disisi lain, investasi dan perdagangan dinilai sebagai faktor utama bagi kestabilan hubungan ASEAN dan India. ASEAN merupakan mitra perdagangan terbesar keempat bagi India dengan rata-rata pertumbuhan 22%  pertahun dalam beberapa waktu terakhir dengan total US$ 76.52 milyar pada tahun 2014-2015. Dalam hal arus investasi, FDI dari India ke ASEAN pada tahun 2012 hingga tahun 2015 bernilai total US$ 38.672 milyar. Sementara itu, FDI dari ASEAN ke India bernilai total mendekati US$ 32.44 milyar. Dalam hal pendanaan pun difokuskan pada bantuan dana untuk mendukung implementasi ASEAN-India Plan of Action.

Disamping berbagai pembangunan kerjasama dalam berbagai sektor, terdapat beberapa fokus utama dalam hubungan ASEAN-India. Beberapa artikel seringkali mengutip, hubungan ASEAN-India yang lebih dekat dibutuhkan untuk mengimbangi kekuatan China. Singkatnya, perkembangan India sebagai partner bagi ASEAN didorong oleh perubahan konteks strategi dari kawasan. Hubungan ASEAN-India pun didorong oleh faktor kebutuhan untuk mengimbangi China dibandingkan dipengaruhi oleh faktor penarik ekonomi ASEAN yang terus membak ataupun peluang budaya untuk semakin mendekatkan hubungan kerjasama ASEAN-India.

Dengan memandang kondisi tersebut, paradigma baru dalam kerjasama antara ASEAN dan India menjadi hal yang penting. Perubahan kondisi antara hubungan ASEAN-India menjadi saat yang tepat untuk mengeksplorasi sektor kerjasama alternatif antara ASEAN-India, khususnya diluar hubungan antar pemerintah. Oleh karena itu, The Habibie Center dengan bangga menyelenggarakan second Ambassador Seminar Series dalam “The ASEAN-India Relations: A New Paradigm” untuk mendiskusikan lebih jauh kerangka baru dalam kerjasama ASEAN-India.
Ambassador Seminar Series merupakan bagian dari rangkaian Talking ASEAN series diseluruh wilayah ASEAN yang didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) dan U.S. Department melalui ASEAN-US Progress (Partnership for Good Governance, Equitable and Sustainable Development and Security).

berita Terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

'