Pada hari Rabu, 9 Mei 2018, The Habibie Center mengadakan acara Peluncuran Portal DETEKSI – Indonesia dan Seminar Nasional Strategi, Kebijakan dan Tantangan dalam Upaya Pemberantasan Terorisme di Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Memperkenalkan portal data base “Deteksi Indonesia” kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas;
  2. Mendiskusikan strategi, kebijakan dan tantangan dalam upaya pemberantasan terorisme di Indonesia; dan
  3. Mendiskusikan berbagai solusi yang bisa ditawarkan dalam upaya pemberantasan terorisme tersebut.

Sejak tahun 2017, The Habibie Center (THC) melaksanakan program “Countering Terrorism and Violent Extremism in Indonesia: Towards Inclusive and Data-Based Framework”. Program ini dilaksanakan dengan dukungan dari Countering Terrorism and Capacity Building Program, DFATD, Pemerintah Kanada. Program tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk komitmen THC untuk terlibat aktif dalam upaya deradikalisasi dan pencegahan terorisme. Komitmen ini didasarkan pada keyakinan bahwa upaya-upaya deradikalisasi dan pencegahan terorisme harus bersifat inklusif dengan keterlibatan berbagai unsur pemerintah dan masyarakat. Selain itu, THC menilai bahwa kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan deradikalisasi dan pencegahan terorisme haruslah didasarkan pada data dan informasi yang akurat serta kajian akademis yang memadai. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat Indonesia terhadap ancaman radikalisme, kekerasan ekstremisme, dan terorisme.

Dalam konteks tersebut, THC secara konsisten mendukung proses pengambilan kebijakan dan perumusan srategi kontra-terorisme dan ekstremisme berbasis data. Pada saat ini, THC bermaksud mengadakan kegiatan peluncuran portal Web Data Base terorisme dan Kontra Terorisme Indonesia (Deteksi Indonesia/ www.deteksiindonesia.com). Acara peluncuran portal Deteksi Indonesia kemudian dilanjutkan dengan seminar bertema Strategi, Kebijakan dan Tantangan dalam Upaya Pemberantasan Terorisme di Indonesia yang menghadirkan Bapak Bobby Adhityo Rizaldi (Komisi I DPR RI), Dr. Phil. Syafiq Hasyim (Direktur Eksekutif ICIP), Mira Kusumarini (Direktur Eksekutif C-SAVE), Mohammad Hasan Ansori, Ph.D. (Peneliti Senior The Habibie Center) sebagai narasumber dan Bapak Johari Effendi (Peneliti Senior The Habibie Center) sebagai moderator. The Habibe Center mengundang berbagai kalangan untuk hadir dalam acara ini termasuk pejabat kementerian / lembaga, perwakilan TNI dan POLRI, akademisi dan peneliti, perwakilan LSM, lembaga donor, serta publik yang bekerja dalam isu-isu kontra terorisme dan ekstremisme berbasis kekerasan.

Kontak:

Mila Oktaviani
Communication Officer

The Habibie Center
Jl. Kemang Selatan No. 98 Jakarta 12560
Tel: (62-21) 7817211
Fax: (62-21) 7817212
Email: mila@habibiecenter.or.id

Share

Komentar

Tinggalkan balasan

Ingin mendapatkan informasi aktifitas The Habibie Center?